Rabu, 25 Februari 2015

TENTANG LARANGAN WAKTU SHOLAT SUNNAH



LARANGAN WAKTU SHOLAT SUNNAH

Sholat Sunnah Terbagi Menjadi Dua:

1.      Ada Yang Berkaitan Dengan Waktu
2.      Ada Yang Berkaitan Dengan Sebab

-                    Adapun Yang Berkaitan Dengan Waktu, Maka Terlarang Untuk Mengerjakan Sholat Sunnah ‘di Waktu-Waktu Yang di Larang’ (Seperti Ba’da Subuh, di Pertengahan Hari, dan Ba’da Asar).

Di waktu Terlarang Ini Tidak Boleh Mengerjakan Sholat Sunnah Mutlaq, Sholat Sunnah Tasbih, Sholat Sunnah Dhuha, Solat Sunnah Isyroq, dll.

-                    Adapun Sholat Sunnah Yang Memiliki Sebab (Dzawil Asbab), Maka Tetap di Sunnahkan Untuk Mengerjakan Sholat Sunnah di Waktu-Waktu Yang Terlarang,
Contoh: Tahiyatul Masjid, Sholat Sunnah Qodho’, Sholat Sunnah Wudhu’, Sholat Sunnah Taubat, Sholat Gerhana, Sholat Sunnah Ayat, Sholat Sunnah Thowaf, Sholat Sunnah Qudum, dll.

Waktu Yang Dilarang Sholat Sunnah

a.      Ba’da Subuh Sampai Terbit Matahari

عن عمرو بن عبسة، قال: قلت: يا رسول الله، علمني مما علمك الله عز وجل، قال صلى الله عليه وسلم: " إذا صليت الصبح، فأقصر عن الصلاة حتى تطلع الشمس، فإذا طلعت، فلا تصل حتى ترتفع، فإنها تطلع حين تطلع بين قرني شيطان،  (صحيح أخرجه أحمد في مسنده (28ظ228) صححه الشيخ الأرناؤوط والألباني)
Artinya:
"Jika kamu selesai shalat subuh, maka tahanlah sampai matahari terbit. Jika saat matahari terbit, janganlah kamu shalat sampai meninggi, sesungguhnya matahari terbit akan di barengi dengan munculnya dua tanduk setan. Saat itu orang-orang kafir sedang bersujud padanya. (Shohih, HR Ahmad (28/228), di nilai shohih oleh Syeikh Al-Arna’ut dan Syeikh Al-Albani).

b.      Ketika di Pertengahan Hari (Saat Matahari lurus diatas Kepala)

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ...فإِذَا انْتَصَفَ النَّهَارُ فَأَقْصِرْ عَنِ الصَّلَاةِ حَتَّى تَمِيلَ الشَّمْسُ فَإِنَّ حِينَئِذٍ تُسَعَّرُ جَهَنَّمُ وَشِدَّةُ الْحَرِّ مِنْ فَيْحِ جَهَنَّمَ فَإِذَا زَالَتِ الشَّمْسُ... (صحيح أخرجه ابن حبان في صحيحه (4/418) صححه ابن حبان والشيخ الأرناؤوط و الألباني)
Artinya:
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu berkata: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: “Apabila tiba di pertengahan siang hari maka tinggalkanlah sholat (sunnah) sampai matahari tergelincir, karena saat itu api neraka Jahannam menyala-nyala dan  (hawa) panas yang menyengat itu berasal dari uap neraka Jahannam." (Shohih, HR Ibnu Hibban dalam Shahihnya (4/418), di nilai shohih oleh Imam Al-Baihaqi dan Syeikh Al-Arna’ut. Syeikh Al-Albani dalam Kitabnya “Ta’liqotul Hisan” (3/162)) berkata: Shohih Lighoirihi).

v  Di Kecualikan di Hari Jum’at (Tetap Di anjurkan Memperbanyak Sholat Mutlak Sebelum Sholat Jum’at Meskipun di Waktu Pertengahan Hari).

عن ثعلبة بن أبي مالك أنهم كانوا في زمن عمر بن الخطاب رضي الله عنه يوم الجمعة يصلون حتى يخرج عمر بن الخطاب فإذا خرج وجلس على المنبر وأذن المؤذن جلسوا يتحدثون حتى إذا سكت المؤذن وقام عمر سكتوا فلم يتحدث أحد ... وهذا في "موطأ مالك" 1/ 103، وعنه الشافعي 1/ 139 بسند صحيح.
Artinya:
Dari Tsa’labah bin Abu Malik berkata: “Sesungguhnya kaum muslimin (Para Sahabat dan Kibar Tabi’in) ketika di hari jum’at mereka mengerjakan sholat sampai Keluarnya Umar bin Khottob, ketika Umar keluar dan Duduk ke Mimbar maka Mu’adz-dzin mengumandangkan Adzan, mereka duduk dan masih ada yang berbincang-bincang sampai mu’adz-dzin diam (maksudnya: selesai adzan), namun tatkan Umar berdiri Untuk Khutbah maka tidak ada seorangpun yang berbincang-bincang satu orangpun.”  (Atsar Shohih, Riwayat Imam Malik dalam Muwaththo’ (1/103), Imam Syafi’i dalam Musnadnya (1/139))

Dalam hadits Nabi disebutkan:

عَنْ سَلْمَانَ قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «لَا يَغْتَسِلُ رَجُلٌ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، وَيَتَطَهَّرُ مَا اسْتَطَاعَ مِنْ طُهْرٍ، وَيَدَّهِنُ أَوْ يَمَسُّ مِنْ طِيبٍ، ثُمَّ يَخْرُجُ فَلَا يُفَرِّقُ بَيْنَ اثْنَيْنِ، ثُمَّ يُصَلِّي مَا كُتِبَ لَهُ، ثُمَّ يُنْصِتُ إذَا تَكَلَّمَ الْإِمَامُ إلَّا غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ الْأُخْرَى» (اخرجه البخاري).
Artinya:
Dari Salman Radhiyallahu Anhu berkata: Rosulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Tidaklah seorang laki-laki mandi pada hari Jum'at lalu bersuci semaksimal mungkin, memakai wewangian miliknya atau minyak wangi keluarganya, lalu keluar rumah menuju Masjid, ia tidak memisahkan dua orang pada tempat duduknya lalu dia shalat yang dianjurkan baginya dan diam mendengarkan khutbah Imam, kecuali dia akan diampuni dosa-dosanya yang ada antara Jum'atnya itu dan Jum'at yang lainnya." (Shahih, HR Bukhori dalam Shohihnya (2/3, 883)).

c.       Ba’da Asar Sampai Terbenamnya Matahari

عن عمرو بن عبسة، قال: قال صلى الله عليه وسلم: "فإذا صليت العصر فأقصر عن الصلاة حتى تغرب الشمس، فإنها تغرب بين قرني شيطان، فحينئذ يسجد لها الكفار. "(صحيح أخرجه أحمد في مسنده (28ظ228) صححه الشيخ الأرناؤوط والألباني)
Artinya:
"Jika kamu selesai shalat Asar, maka tahanlah sampai matahari terbenam. Karena saat itu akan di barengi dengan munculnya dua tanduk setan. Saat itu orang-orang kafir sedang bersujud padanya. (Shohih, HR Ahmad (28/228), di nilai shohih oleh Syeikh Al-Arna’ut dan Syeikh Al-Albani).



CATATAN:

Sebagian Ulama’ membolehkan Sholat Sunnah dengan Syarat:

1.      Sholat Sunnah Tersebut Memiliki Sebab (Dzawil Asbab).

2.      Sholat Sunnah Yang Tidak memiliki Sebab –akan tetapi jika Matahari masih memancar putih bersih dan Masih tinggi (Belum Menguning / Belum memerah Warna Mataharinya)  Dalilnya Adalah:

 عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " لَا يُصَلَّى بَعْدَ الْعَصْرِ إِلَّا أَنْ تَكُونَ الشَّمْسُ بَيْضَاءَ نَقِيَّةً مُرْتَفِعَةٌ" (اخرجه أحمد (2/46)، وابن حبان (4/429)، وغيره، صححه اين حبان وضياء المقدسي والشيخ الأرناؤوط وصححه الشيخ الألباني أيضا في التعليقات الحسان (3/167))
Artinya:
Dari Ali bin Abi Tholib berkata: "Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam melarang shalat sunnah setelah sholat Ashar kecuali matahari masih putih jernih dan tinggi."  (Shahih, HR Nasa’i (573), Ahmad (2/46), Ibnu Hibban (4/429), dll. Di nilai shohih oleh Imam Ibnu Hibban, Dhiya’ Al-Maqdisi, Syeikh Al-Arna’ut, dan di nilai shohih pula oleh Syeikh Al-Albani dalam “Ta’liqotul Hisan” (3/167))

Sholat Sunnah Yang Di Bolehkan di Waktu-Waktu Yang Terlarang:

1.      Sholat  Sunnah Rowatib Yang di QODHO’ 

عَنْ قَيْسِ بْنِ فَهْدٍ قَالَ: خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأُقِيمَتِ الصَّلَاةُ، فَصَلَّيْتُ مَعَهُ الصُّبْحَ، ثُمَّ انْصَرَفَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَوَجَدَنِي أُصَلِّي، فَقَالَ: «مَهْلًا يَا قَيْسُ، أَصَلَاتَانِ مَعًا»، قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنِّي لَمْ أَكُنْ رَكَعْتُ رَكْعَتَيِ الفَجْرِ، قَالَ: «فَلَا إِذَنْ». (أخرجه الترمذي (442) صححه الشيخ الألباني)
Artinya:
Dari Qois bin Qohd berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam keluar lalu iqamah dikumandangkan, aku kemudian shalat subuh bersama beliau. Setelah itu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berlalu dan mendapatiku sedang shalat, maka beliau pun bersabda: "Wahai Qais tunggu! Apakah engkau mengerjakan dua shalat bersama kami?" aku lalu menjawab, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku belum mengerjakan dua rakaat sebelum fajar, " beliau bersabda: "Kalau begitu silahkan kerjakan." (Shahih, HR Tirmidzi (2/284, no. 442), di nilai Shohih oleh Syeikh Al-Albani).

Dalam Riwayat Lain:

عن أم سلمة قالت: «شغل النبي - صلى الله عليه وسلم - عن الركعتين قبل العصر فصلاهما بعد العصر» رواه النسائي (2) ، ورجاله رجال الصحيح
Artinya:
Dari Ummu Salamah berkata: Nabi pernah terluput / ketinggalan dari dua roka’at Qobliyah Asar karena sibuk, lalu beliau mengerjakannya setelah sholat asar.”  (Shahih, HR Nasa’i dalam Sunannya (1/282, no. 580), Syeikh Al-Albani Rahimahullah berkata: hadits hasan shohih).

2.      Sholat  Sunnah  THOWAF

عَنْ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعَمٍ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «يَا بَنِي عَبْدَ الْمُطَّلِبِ أَوْ يَا بَنِي عَبْدِ مَنَافٍ إِنْ وُلِّيتُمْ مِنْ هَذَا الْأَمْرِ شَيْئًا فَلَا تَمْنَعُوا أَحَدًا طَافَ بِهَذَا الْبَيْتِ وَصَلَّى أَيَّ سَاعَةٍ شَاءَ مِنْ لَيْلٍ أَوْ نَهَارٍ» رَوَاهُ الْأَرْبَعَة والحميدي. وَقَالَ التِّرْمِذِيّ حسن صَحِيح وَصَححهُ ابْن حبَان وَالْحَاكِم وَزَاد عَلَى شَرط مُسلم.
Artinya:
Dari Jubair bin Mut’im (berkata): Sesungguhnya Rosulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Wahai Bani Abdu Manaf, janganlah engkau larang seseorang melakukan thawaf di Ka'bah ini dan melakukan shalat sunnah (towaf) kapanpun ia mau, malam hari ataupun siang hari." (Shohih, HR Nasa’i dalam Sunannya (2/284), di nilai shohih oleh Syeikh Al-Albani).

3.      Sholat  Sunnah WUDHU’

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «يَا بِلَالُ، حَدِّثْنِي بِأَرْجَى عَمَلٍ عَمِلْتَهُ فِي الْإِسْلَامِ عِنْدَكَ مَنْفَعَةً، فَإِنِّي سَمِعْتُ اللَّيْلَةَ خَشْفَ نَعْلَيْكَ بَيْنَ يَدَيَّ فِي الْجَنَّةِ» ، فَقَالَ بِلَالٌ: مَا عَمِلْتُ عَمَلًا فِي الْإِسْلَامِ أَرْجَى عِنْدِي مَنْفَعَةً، إِلَّا أَنِّي لَمْ أَتَطَهَّرْ طُهُورًا تَامًّا فِي سَاعَةٍ مِنْ لَيْلٍ أَوْ نَهَارٍ، إِلَّا صَلَّيْتُ بِذَلِكَ الطُّهُورِ مَا كَتَبَ اللَّهُ لِي أَنْ أُصَلِّيَ "  (أخرجه مسلم (4/1910)، وأحمد (15/420))
Artinya:
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah bertanya kepada Bilal ketika shalat Shubuh: "Hai Bilal, katakanlah Kepadaku apakah amalanmu yang paling besar pahalanya yang pernah kamu kerjakan dalam Islam, karena tadi malam aku mendengar terompah  sandalmu di dalam surga? ' Bilal menjawab; 'Ya Rasulullah, sungguh saya tidak mengerjakan amal perbuatan yang paling besar pahalanya dalam Islam selain saya bersuci dengan sempurna, baik itu pada waktu malam ataupun siang hari. lalu dengan  wudhu itu saya mengerjakan shalat (sunnah) selain shalat yang telah diwajibkan Allah kepada saya. (Shohih, HR Muslim dalam Shohihnya (4/1910), Ahmad (15/420))

4.      Sholat TAHIYATUL MASJID

عَنْ جَابِرٍ، أَنَّهُ قَالَ: جَاءَ سُلَيْكٌ الْغَطَفَانِيُّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، وَرَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَاعِدٌ عَلَى الْمِنْبَرِ، فَقَعَدَ سُلَيْكٌ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ، فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «أَرَكَعْتَ رَكْعَتَيْنِ؟» قَالَ: لَا، قَالَ: «قُمْ فَارْكَعْهُمَا»  (أخرجه مسلم في صحيحه (2/597))
Artinya:
Dari Jabir bin Abdullah Radhiyallahu Anhu berkata: Sulaik Al-Ghothofani datang (ke Masjid) pada hari jum’at, sedangkan Rosulullah duduk diatas mimbar, maka Sulaik langsung duduk sebelum mengerjakan sholat, Rosulullah berkata kepada Sulaik: Apakah anda telah mengerjakan sholat dua roka’at??, maka sulaik menjawab: belum, Maka beliau pun bersabda: "Bangun dan shalatlah dua rakaat." (Shahih, HR Muslim dalam Shohihnya (2/597)).

5.      Dan Sholat Sunnah Yang Lainnya Yang Memiliki Sebab.

PERBEDAAN PENDAPAT PARA ULAMA’:

Pendapat PERTAMA: Sholat Sunnah Tidak boleh dikerjakan di waktu-waktu terlarang Secara Mutlaq (Pendapat Para Ulama’ Hanafiyah)

Pendapat KEDUA: Sholat Sunnah Tidak boleh dikerjakan di waktu-waktu terlarang KECUALI Sholat Sunnah Yang Memiliki Sebab (Dzawil Asbab). (Pendapat Para Ulama’ Jumhur)

Syarah Hadits, Tentang Makna Tanduk Syetan:

1.    قال الإمام الخطابي في "أعلام الحديث" ص 1508: قوله: "بين قرني الشيطان" معناه: أن الشيطان ينتصب في محاذاة مطلع الشمسِ حتى إذا طلعت كانت بين فَوْدَي رأسه وهما قرناه، أي: جانبا رأسه، فتقع العبادة له إذا سجدت عَبَدةُ الشمس لها.
2.    ونقل ابن عبد البر في "التمهيد" 4/ 10 - 11 عن قوم من أهل العلم أنهم حملوه على مجاز اللفظ واستعارة القول، واتساع الكلام، فقالوا: أراد بذكره - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - قرن الشيطان أمة تعبد الشمس، وتسجد لها، وتُصلي في حين طلوعها وغروبها من دون الله، وكان - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - يكره التشبه بالكفار، ويحب مخالفتهم، وبذلك وردت سننه - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -، وكأنه أراد- والله أعلم- أن يفصل دينه من دينهم، إذ هم أولياء الشيطان وحزبه، فنهى عن الصلاة في تلك الأوقات لذلك. وهذه التأويل جائز في اللغة، معروف في لسان العرب ...
3.      وقال ابن الأثير في "النهاية" في تفسير قرني الشيطان: أي: ناحيتي رأسه وجانبيه، وقيل: القرنُ: القوَّة، أي: حين تطلع يتحرك الشيطان ويتسلط، فيكون كالمعين لها، وقيل: بين قرنيه، أي: أُمَّتَيْه الأولين والآخرين، وكل هذا تمثيل لمن يسجد للشمس عند طلوعها، فكأن الشيطان سَوَّل له ذلك، فإذا سجد لها، كان كأن الشيطان مُقترِن بها.

Maroji’:
At-Tamhid Karya Imam Ibnu Abdil Bar
Al-Muwaththo’ Karya Imam Malik, dll.

Penulis:
Lilik Ibadurrohman, S.Th.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar