PERBEDAAN ULAMA’ TENTANG DI SYARI’ATKANNYA SHOLAT HAJAT
1. Sebagian Ulama’ Berpendapat : Sholat
Hajat Tidak Di Syari’atkan.
2. Sebagian Ulama’ Berpendapat : Sholat
hajat Di Syari’atkan.
Pendapat Yang TIDAK Mensyari’atkan Sholat Hajat
Pendapat Ini
Memaka Dua Hadits Yang Dho’if Tentang Sholat Hajat,
Adapun Hadits Sohih
Tentang Sholat Hajat Yaitu Hadits Utsman bin Hunaif –Tidak dipakai.
Syeikh Muhammad bin Sholih Al-Utsaimin rahimahullah mengatakan bahwasanya shalat hajat ini tidak disyari’atkan (Lihat Majmu’ Fatawa wa Rasail Syeikh Muhammad Al-Utsaimin 14/323 no: 894).
HADITS PERTAMA:
Diantara hadist-hadist tersebut
adalah hadist Abdullah bin Abi Aufa bahwasanya Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam bersabda:
من كانت له إلى الله حاجة أو إلى أحد من بني آدم فليتوضأ
فليحسن الوضوء ثم ليصل ركعتين ثم ليثن على الله وليصل على النبي صلى الله عليه و
سلم ثم ليقل لاإله إلا الله الحليم الكريم سبحان الله رب العرش العظيم الحمد لله
رب العالمين أسئلك موجبات رحمتك وعزائم مغفرتك والغنيمة من كل بر والسلامة من كل
إثم لا تدع لي ذنبا إلى غفرته ولا هما إلا فرجته ولا حاجة هي لك رضا إلا قضيتها يا
أرحم الراحمين
Artinya:
“Barangsiapa yang memiliki keperluan kepada Allah atau kepada seseorang dari anak Adam maka hendaknya dia berwudhu dan memperbaiki wudhunya, kemudian hendaknya dia shalat 2 rakaat kemudian memuji Allah, dan bershalawat kepada nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian membaca:
“Barangsiapa yang memiliki keperluan kepada Allah atau kepada seseorang dari anak Adam maka hendaknya dia berwudhu dan memperbaiki wudhunya, kemudian hendaknya dia shalat 2 rakaat kemudian memuji Allah, dan bershalawat kepada nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian membaca:
لاإله إلا الله الحليم الكريم سبحان الله رب العرش العظيم
الحمد لله رب العالمين أسئلك موجبات رحمتك وعزائم مغفرتك والغنيمة من كل بر
والسلامة من كل إثم لا تدع لي ذنبا إلى غفرته ولا هما إلا فرجته ولا حاجة هي لك
رضا إلا قضيتها يا أرحم الراحمين
Artinya:
“Tidak sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, Al-Halim Al-Karim, Maha Suci Allah Pemilik Arsy yang besar, segala puji bagi Allah, rabb semesta alam, aku memohon kepadaMu apa-apa yang mendatangkan rahmatMu, dan ampunanMu, dan aku memohon kepadaMu untuk mendapatkan setiap kebaikan dan keselamatan dari setiap dosa, janganlah Engkau tinggalkan bagi ku dosa kecuali telah Engkau ampuni, dan jangan Engkau tinggalkan bagiku rasa gelisah kecuali Engkau beri jalan keluar, dan jangan Engkau tinggalkan bagiku keperluanku yang engkau ridhai kecuali Engkau tunaikan untukku, wahai Yang Maha Penyayang.” (Lemah Sekali, HR. At-tirmidzy 2/344, dan Ibnu Majah 1/44, berkata Syeikh Al-Albany: Dhaif jiddan (lemah sekali)).
“Tidak sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, Al-Halim Al-Karim, Maha Suci Allah Pemilik Arsy yang besar, segala puji bagi Allah, rabb semesta alam, aku memohon kepadaMu apa-apa yang mendatangkan rahmatMu, dan ampunanMu, dan aku memohon kepadaMu untuk mendapatkan setiap kebaikan dan keselamatan dari setiap dosa, janganlah Engkau tinggalkan bagi ku dosa kecuali telah Engkau ampuni, dan jangan Engkau tinggalkan bagiku rasa gelisah kecuali Engkau beri jalan keluar, dan jangan Engkau tinggalkan bagiku keperluanku yang engkau ridhai kecuali Engkau tunaikan untukku, wahai Yang Maha Penyayang.” (Lemah Sekali, HR. At-tirmidzy 2/344, dan Ibnu Majah 1/44, berkata Syeikh Al-Albany: Dhaif jiddan (lemah sekali)).
Didapati sanad hadis ini sangat
lemah kerana Faaid bin Abdurrahman telah dilemahkan oleh ramai (sejumlah
besar) ulama hadis (muhaddis). Di bawah ini dibawakan penjelasan para ulama
hadis tentang Faaid bin Abdurrahman Abdul Waruqa’:
1. Berkata Abdullah
bin Ahmad dari bapanya (Imam
Ahmad) bahawa hadis ini termasuk “Matrukul
hadis” orang yang ditinggalkan (tidak boleh dipakai) hadisnya.
2. Berkata Imam
Ibnu Ma’in: Dhaif dan bukan orang yang siqah (tidak
dipercayai).
3. Berkatra Imam
Abu Daud: Tidak
berguna (istilah bermakna lemah/perawi lemah).
4. Berkata Imam
Nasaii: Perawi yang tidak siqah atau matrukul
hadis.
5. Berkata Imam Abu Hatim:
Hadis-hadisnya dari Ibn Abi Aufa batil.
6. Berkata Imam al-Hakim:
la meriwayatkan dari Ibnu Abi Aufa dan hadis-hadisnya adalah maudu’ (palsu).
7. Berkata Ibn Hibban:
Mungkarul hadis (hadis mungkar).
8. Berkata Imam Bukhari:
Mungkarul hadis. Dan menurut jarah Imam Bukhari: “Setiap Rawi yang telah
aku katakan padanya mungkarul hadis, maka tidak boleh diterima riwayatnya.”
Dengan keterangan ini jelaslah
bahawa hadis tentang solat hajat sangat lemah kerana telah dilemahkan oleh
ramai para ahli (ulama) hadis. Maka melakukan solat hajat adalah perbuatan
bid’ah yang diada-adakan kerana tiada keterangan dalil yang sahih yang
membolehkannya.
Adapun pengganti solat hajat apabila
ada keperluan atau hajat, ialah solat istiharah sebagaimana yang terdapat dalam
hadis-hadis yang sahih.
Antara yang memuatkan hadis solat
hajat di dalam kitab mereka dan melemahkannya ialah:
- Imam al-Hakim. Lihat Al-Mustadrak 1/320.
- Imam at-Tirmizi. Lihat Hadis no. 1/477.
- Imam lbn Majah. Lihat Hadis no. 1348.
- lbn Hajar. Lihat Kitab Tahzibut Tahzib 8/255
- Imam An-Nawawi. Lihat Al-Azkar Hlm. 156.
HADITS KEDUA:
Dari
Abi ad-Darda’ radiallahu ‘anhu berkata: Wahai sekalian manusia! Sesungguhnya
aku pernah mendengar Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa-sallam bersabda:
)مَنْ تَوَضَّأَ فَأَ سْبَغَ اْلوُضُوْءَ ثُمَّ صَلَّى
رَكْعَتَيْنِ يُتِمُّهُمُا أَعْطَاهُ الله ُمَا سَأَلَ مُعَجِّلًا أَوْمُؤَخِّرًا .
(ضعيف، رواه أحمد
Artinya:
“Barang sesiapa yang berwuduk lalu ia sempurnakan
wuduknya, kemudian melakukan solat dua rakaat dengan sempurnanya, nescaya Allah
akan menunaikan segala hajatnya (apa sahaja yang diminta) cepat atau lambat”.
Hadis di atas ini diriwayatkan oleh Imam
Ahmad rahimahullah dalam Musnadnya 6/442 – 443 dengan sanadnya yang
lemah (dhaif). Di dalam sanadnya terdapat seorang rawi yang majhul (tidak
dikenal/tidak diketahui), iaitu Maimun Abi Muhammad. Di nilai
dho’if oleh Syeikh Al-Albani
dan Syeikh Syu’aib Al-Arna’ut).
.
.
Pendapat Yang Mensyari’atkan Sholat Hajat
.
Pendapat Ini
Masih mencukupkan dengan Satu Hadits Yang Shohih Tentang Sholat Hajat, Adapun 2
Hadits dho’if (yang disebutkan pendapat pertama) memang tidak perlu di
pakai karena memang sanadnya lemah / dho’if.
عَنْ عُثْمَانَ
بْنِ حُنَيْفٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَجُلاً ضَرِيْرَ الْبَصَرِ أَتَى
النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: اُدْعُ اللهَ أَنْ يُعَافِيْنِيْ، قَالَ: إِنْ شِئْتَ دَعَوْتُ
وَإِنْ شِئْتَ صَبَرْتَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكَ. قَالَ: فَادْعُهُ، قَالَ: فَأَمَرَهُ أَنْ يَتَوَضَّأَ فَيُحْسِنَ وُضُوْئَهُ
وَيَدْعُوْهُ بِهَذَا الدُّعَاءِ: اَلَّلهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ
إِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ، إِنِّيْ أَتَوَجَّهُ بِكَ إِلَى
رَبِّيْ فِيْ حَاجَتِيْ هَذِهِ لِتَقْضَى لِيْ اَللَّهُمَّ فَشَفَعْهُ فِيْ. قَالَ: فَفَعَلَ الرَّجُلُ
فَبَرَأَ.
Artinya:
Dari Utsman bin Hunaif, bahwasanya ada seorang laki-laki buta yang pernah
datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam seraya berkata, “Berdoalah
kepada Allah agar Dia menyembuhkanku!” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda, “Jika engkau menginginkan demikian, saya akan doakan, tetapi
jika engkau mau bersabar, itu lebih baik bagimu.” Lelaki itu menjawab,
“Berdoalah!” Maka, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkannya supaya berwudhu
dengan sempurna dan SHOLAT dua rakaat lalu berdoa dengan doa ini,
“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu dengan Nabi-Mu, Nabiyur
rohmah (ket. Nabi saat itu masih hidup). Sesungguhnya, saya menghadap denganmu
kepada Rabbku agar terpenuhi HAJATKU. Ya Allah, berilah syafaat
kepadanya untukku.” Dia berkata, “Lelaki itu kemudian
mengerjakan (saran Nabi) lantas dia menjadi sembuh.”
Takhrij hadits :
Tirmidzi berkata, “Hadits ini hasan shahih gharib.” Abu Ishaq berkata, “Hadits ini shahih.” Al-Hakim berkata, “Sanadnya shahih,” dan hal ini disetujui keshohihannya oleh Adz-Dzahabi. Syekh Al-Albani juga menilai bahwa hadits ini shahih, dalam buku beliau At-Tawassul, hlm. 75–76.
Jadi Hadits Yang Bersumber dari Utsman bin Hunaif secara Marfu' ini Sanadnya Shohih.
Faidah Hadits:
1. Disyariatkannya shalat hajat.
Imam Ibnu Majah membuat bab hadits ini dengan perkataannya, “Bab penjelasan tentang shalat hajat.” Demikian juga, Imam Nawawi dalam Al-Adzkar, hlm. 157, dan Imam Al-Haitsami dalam Majma’ Zawaid, 2:565. Demikian pula Imam Al-Mundziri dalam Targhib Wat Tarhib. Pensyari’atan sholat hajat Ini juga merupakan pendapat Syeikh Salim Al-Hilali dan Syekh Masyhur Hasan Salman ketika (beliau berdua) ditanya oleh Al-Akh Abu Ubaidah.
2. Shalat hajat sebanyak dua rakaat.
3. Do’a Hajat dalam hadits di atas tidak berlaku
lagi, karena didalamnya terdapat do’a tawassul kepada Nabi saat Nabi masih
hidup (dan itu boleh jika Nabi Masih hidup), Adapun Tawassul kepada Nabi
setelah meninggal hukumnya terlarang, bahkan bisa jatuh kedalam lembah
kesyirikan besar.
4. Do’a Hajat bisa memakai do’a-do’a yang dikehendaki
sendiri (Do’a Mutlaq)
Tidak boleh melakukan shalat hajat untuk kepentingan yang tidak syar’i, seperti: untuk belajar tenaga dalam, ilmu hitam, ilmu kekebalan, ilmu sihir, dan sejenisnya.
JADI:
Kesimpulannya Sholat Hajat Tetap di Syari’atkan dengan mengamalkan Hadits
Shohih dari Utsman Bin Hunaif secara Marfu’.
Penulis:
Lilik Ibadurrohman,
S.Th.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar