Jumat, 13 Februari 2015

Shalat MUTLAQ Sebelum Khotib Berkhutbah Di Hari Jum’at




Shalat Sunnah MUTLAQ (Sebelum Khotib Berkhutbah
Di Hari Jum’at)
(Sholat Sunnah Mutlaq Yang Afdhol Juga)

عن سلمان، أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: " لا يغتسل الرجل يوم الجمعة ويتطهر بما استطاع من طهر، ثم يدهن من دهنه، أو يمس من طيب بيته، ثم يروح فلم يفرق بين اثنين، ثم صلى ما كتب له، ثم ينصت إذا تكلم الإمام إلا غفر له ما بينه وبين الجمعة الأخرى"  (صحيح، أخرجه أحمد في مسنده (39/129) صححه الشيخ الأرناؤوط والألباني)
Artinya:
Dari Salman Radhiyallahu Anhu berkata: Sesungguhnya Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Tidaklah seseorang mandi pada hari jum'at, bersuci semampunya, mengenakan minyak rambut atau mengenakan wewangian dari rumahnya kemudian pergi ke masjid kemudian tidak menyela diantara dua orang lalu mengerjakan shalat sunnah yang telah ditetapkan untuknya lalu diam untuk mendengarkan imam melainkan dosanya diantara dia dan jum'at lainnya diampuni." (Shohih, HR Ahmad (39/129), Darimi (2/965), di nilai shohih Imam Ibnu Khuzaimah, Syeikh Al-Arna’ut dan Syeikh Husein Sulaim Asad, dll)

Di Terangkan Dalam Mulakh-khosh Fiqhiy Karya Syeikh Sholih Fauzan:

وهذا هو المأثور عن الصحابة..كانوا إذا أتوا المسجد يوم الجمعة يصلون من حين يدخلون ما تيسر. فمنهم من يصلي عشر ركعات ومنهم من يصلي اثنتي عشرة ركعة ومنهم من يصلي ثمان ركعات ومنهم من يصلي أقل من ذلك (انظر: ملخص الفقهي لصالح بن فوزان (1/251))
Terjemahannya:
“Dan (sholat mutlaq) ini terdapat atsar dari para sahabat, mereka apabila mendatangi masjid pada hari jum’at, mereka mengerjakan sholat ringan ketika telah memasuki / berada di masjid, diantara mereka ada yang mengerjakan sholat sunnah (mutlaq) sepuluh roka’at, ada yang mengerjakan sholat sunnah dua belas roka’at, ada yang mengerjakan delapan roka’at, ada juga diantara mereka yang mengerjakan lebih sedikit dari itu. (Lihat: Mulakh-khosh Fiqhiy Karya Syeikh Sholih bin Fauzan bin Abdullah Al-Fauzan (1/251)).


Shalat Sunnah Mutlaq “Antara Maghrib dan Isya’”
(Sholat Sunnah Mutlaq Yang Afdhol)


عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ: «صَلَيْتُ مَعَ النَّبِيِّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - الْمَغْرِبَ، فَلَمَّا قَضَى الصَّلَاةَ قَامَ يُصَلِّي، فَلَمْ يَزَلْ يُصَلِّي حَتَّى صَلَّى الْعِشَاءَ ثُمَّ خَرَجَ»...." (صحيح، أخرجه الترمذي في سننه (3781) صححه الشيخ الألباني)
Artinya:
Dari Khudzaifah Radhiyallahu Anhu berkata: “Saya mendatangi Rosulullah, lalu saya sholat berjama’ah Maghrib bersamanya, kemudian setelah selesai sholat maghrib, maka beliau berdiri untuk sholat sunnah, dan beliau senantiasa sholat (sunnah) hingga beliau sholat isya’ (berjama’ah), kemudian beliau keluar. (Shohih, HR Tirmidzi dalam Sunannya (5/660), dan Imam Ahmad dalam Musnadnya. di nilai shohih oleh Syeikh Al-Albani dalam kitabnya “Shohih Wa Dho’if Sunan At-Tirmidzi (8/281), no. 3781)

PRAKTEK SAHABAT:

عَنْ ثَابِتٍ الْبُنَانِيِّ قَالَ: كَانَ أَنَسٌ يُصَلِّي مَا بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ، وَيَقُولُ: «هَذِهِ نَاشِئَةُ اللَّيْلِ» (انظر: الزهد لابن المبارك (1/446))
وَعَنِ الْأَسْوَدِ رَحِمَهُ اللَّهُ: مَا أَتَيْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ فِي تِلْكَ السَّاعَةِ إِلَّا وَجَدْتُهُ يُصَلِّي، فَقُلْتُ لَهُ: فِي ذَلِكَ، قَالَ: «نِعْمَ سَاعَةُ الْغَفْلَةِ يَعْنِي بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ» (انظر: مختصر قيام الليل لابن نصر المروزي (1/89)).
Artinya:
Dari Tsabit Al-Bunani Rahimahullah berkata: Dahulu Anas bin Malik mengerjakan sholat sunnah antara Maghrib dan Isya’, dan beliau (Anas) berkata: ini adalah Bangun (sholat) di waktu malam” (Lihat: Az-Zuhd War Roqo’iq Karya Imam Ibnul Mubarok (1/446))
Begitu juga Dari Al-Aswad Rahimahullah berkata: Tidaklah aku mendatangi Abdullah bin Mas’ud pada suatu sa’at kecuali saya mendapatinya selalu mengerjakan sholat, akupun bertanya tentang sholat sa’at itu, maka beliau menjawab: “waktu ini adalah waktu yang dilalaikan (manusia untuk sholat) yaitu waktu antara maghrib dan isya’. (Lihat: Mukhtashor Qiyamul Lail Karya Ibnu Nashor Al-Marwazi (1/89))

Maroji’: Tuhfatul Ahwadzi Karya Imam Al-Mubarokfuri,
Mulakh-khosh Fiqhiy Karya Syeikh Sholih bin Fauzan
Mukhtashor Qiyamul Lail Karya Ibnu Nashor Al-Marwazi, dll

Penulis:
Lilik ibadurrohman, S.Th.I
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar