SHOLAT SUNNAH YANG
SANGAT DI ANJURKAN UNTUK BERJAMA’AH
(Dari Segi Pelaksanaannya)
1.
SHOLAT KUSUF (GERHANA MATAHARI) DAN KHUSUF (GERHANA BULAN)
Dari A’isyah Radhiyallahu Anha berkata:
عَنْ أَبِي مُوسَى، قَالَ: خَسَفَتِ الشَّمْسُ فِي زَمَنِ
النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَامَ فَزِعًا يَخْشَى أَنْ
تَكُونَ السَّاعَةُ حَتَّى أَتَى الْمَسْجِدَ، فَقَامَ يُصَلِّي بِأَطْوَلِ
قِيَامٍ وَرُكُوعٍ وَسُجُودٍ، مَا رَأَيْتُهُ يَفْعَلُهُ فِي صَلَاةٍ قَطُّ، ثُمَّ
قَالَ: «إِنَّ هَذِهِ الْآيَاتِ الَّتِي يُرْسِلُ اللهُ لَا تَكُونُ لِمَوْتِ
أَحَدٍ، وَلَا لِحَيَاتِهِ، وَلَكِنَّ اللهَ يُرْسِلُهَا، يُخَوِّفُ بِهَا
عِبَادَهُ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ مِنْهَا شَيْئًا، فَافْزَعُوا إِلَى ذِكْرِهِ،
وَدُعَائِهِ، وَاسْتِغْفَارِهِ». وَفِي
رِوَايَةِ ابْنِ الْعَلَاءِ: كَسَفَتِ الشَّمْسُ، وَقَالَ: «يُخَوِّفُ عِبَادَهُ» ".(أخرجه مسلم (2/626)).
وفي رواية: «إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ
مِنْ آيَاتِ اللهِ، لَا يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ، وَلَا لِحَيَاتِهِ،
فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَادْعُوا اللهَ وَصَلُّوا حَتَّى تَنْكَشِفَ» (أخرجه مسلم (2/630))
Artinya:
Dari Abu Musa ia berkata; Pada zaman Nabi shallallahu
'alaihi wasallam pernah terjadi gerhana matahari, beliau terkejut dan
bergegas berdiri karena takut kalau-kalau akan terjadi kiamat. Sampai beliau
masuk ke masjid dan melaksanakan shalat dengan berdiri, ruku dan sujud yang
panjang sekali, aku belum pernah melihat beliau memanjangkan bacaan sedemikian
lama sebelumnya, kemudian beliau bersabda:
"Sesungguhnya semua tanda-tanda yang
dikirimkan Allah ini bukanlah disebabkan oleh meninggalnya atau lahirnya
seseorang, akan tetapi Allah mengirimnya untuk menakut-nakuti para hamba-Nya.
Oleh sebab itu jika kalian melihatnya maka bersegeralah berdzikir mengingat
Allah, memanjatkan do'a padaNya, serta memohon ampunan-Nya."
Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Al
'Alaa' disebutkan: "Terjadi gerhana matahari…" dan dia
berkata; "Untuk menakut-nakuti hambaNya". (Shahih, HR Muslim (2/628))
Dalam riwayat lain, Nabi bersabda: "Sesungguhnya
matahari dan bulan adalah dua ayat dari ayat-ayat Allah. Tidaklah terjadi
gerhana pada keduanya karena kematian salah seorang atau pun kelahirannya.
Karena itu, jika kaliat melihat (gerhana pada) keduanya, maka berdo'alah kepada
Allah dan shalatlah hingga ia bersinar kembali." (Shahih, HR Muslim (2/630))
2. SHOLAT ISTISQO’ (Sholat
Meminta Hujan)
Dari hadits
Ibnu Abbas berkata:
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: خَرَجَ نَبِيُّ
اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَوْمًا يَسْتَسْقِي، فَصَلَّى بِنَا رَكْعَتَيْنِ
بِلَا أَذَانٍ وَلَا إقَامَةٍ، ثُمَّ خَطَبَنَا وَدَعَا اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ
وَحَوَّلَ وَجْهَهُ نَحْوَ الْقِبْلَةِ رَافِعًا يَدَيْهِ، ثُمَّ قَلَبَ رِدَاءَهُ...."
(صحيح أخرجه مسلم).
وَعَنْ عَبْدِ
اللَّهِ بْنِ زَيْد قَالَ: رَأَيْت النَّبِيَّ - صلى الله عليه وسلم - يَوْمَ
خَرَجَ يَسْتَسْقِي قَالَ: فَحَوَّلَ إلَى النَّاسِ ظَهْرَهُ وَاسْتَقْبَلَ
الْقِبْلَةَ يَدْعُو، ثُمَّ حَوَّلَ رِدَاءَهُ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ جَهَرَ
فِيهِمَا بِالْقِرَاءَةِ. (صحيح أخرجه مسلم).
سئل ابْنَ عَبَّاسٍ كَيْفَ صَنَعَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الِاسْتِسْقَاءِ فَقَالَ
خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ متبذلا متخشعا فَأَتَى الْمُصَلَّى فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَمَا يُصَلِّي فِي
الْفِطْرِ وَالْأَضْحَى (حسن، أخرجه أحمد (4/245) حسنه الشيخ الأرنؤوط)
Artinya:
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu Berkata: "Suatu
ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam keluar untuk menunaikan shalat Istisqa`,
beliau sholat dua roka’at bersama kami (para sahabat) tanpa di kumandangkan
adzan dan iqomah, lalu berkhutbah dan juga berdo’a kepada Allah, beliau
membalikkan wajah beliau ke arah kiblat dan mengangkat kedua tangan, dan
membalikkan kain selendangnya. (Shahih, HR Muslim)
Dari Abdullah bin Zaid berkata, "Aku pernah
melihat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam di hari saat beliau keluar minta
turunnya hujan. Beliau kemudian menghadap ke arah kiblat dengan menghadapkan
punggungnya ke arah manusia, beliau lalu berdoa sambil membalikkan kain
selendangnya. Setelah itu beliau mengimami kami shalat dua rakaat dengan
mengeraskan bacaan." (Shahih, Muslim)
Ibnu Abbas juga pernah bertanya: Bagaimana Sholat
Istisqo’nya Rosulullah Shallallahu Alaihi Wasallam?, Lalu Ibnu Abbas
menjawab; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam keluar dengan
merendahkan hati dan berpakaian sederhana, lalu mendatangi tempat shalat,
kemudian melaksanakan shalat dua raka'at sebagaimana yang dilakukan pada hari
Iedul Fithri dan Iedul Adha." (Hasan, HR Ahmad (4/245) di nilai hasan
oleh Syeikh Al-Arna’ut).
3. SHOLAT IDAIN (Idul
Fitri & Idul Adha)
[Bagi Yang
Menilai Sunnah Mu’akkadah, Seperti Ulama’ Jumhur]
عن
أم عطية، قالت: «كنا نؤمر أن نخرج يوم العيد حتى نخرج البكر من خدرها، حتى نخرج
الحيض، فيكن خلف الناس، فيكبرن بتكبيرهم، ويدعون بدعائهم يرجون بركة ذلك اليوم
وطهرته» (أخرجه البخاري
(2/20) وفي لفظ أبي داود (1137): وَالْحُيَّضُ
يَكُنَّ خَلْفَ النَّاسِ فَيُكَبِّرْنَ مَعَ النَّاسِ).
Artinya:
Dari Ummu 'Athiyyah berkata, "Pada hari Raya Ied
kami diperintahkan untuk keluar sampai-sampai kami mengajak para anak gadis
dari kamarnya dan juga para wanita yang sedang haid. Mereka duduk di belakang
barisan kaum laki-laki dan mengucapkan takbir mengikuti takbirnya kaum
laki-laki, dan berdoa mengikuti doanya kaum laki-laki dengan mengharap barakah
dan kesucian hari raya tersebut." (Shahih, HR. Bukhori dalam
Shahihnya (2/20))
Dalam lafadz Abu Dawud: "Hendaknya wanita-wanita
hendaknya berada di belakang orang-orang dan bertakbir bersama mereka."
(Shahih, HR Abu Dawud (1138), di nilai Shohih oleh Syeikh Al-Albani).
4.
SOLAT SUNNAH QOBLAL JIMA’
(Sholat Sunnah Sebelum Jima’), sholat ini Termasuk Sholat Sunnah Mutlaq Yang Berjama'ah.
Yaitu Sholat Sunnah 2 Roka’at Sebelum Jima’ (Khusus Sumi Istri)
عن أبي سعيد مولى أبي أسيد قال: أن بعض الصحابة قالوا لي : "إذا دخل عليك أهلك فصل ركعتين ثم سل الله من خير ما دخل عليك
وتعوذ به من شره ثم شأنك وشأن أهلك" في
رواية أخرى عن ابن مسعود: إِذَا أُدْخِلَتْ عَلَيْكَ فَمُرْهَا فَلْتُصَلِّ
خَلْفَكَ رَكْعَتَيْنِ وَقُلِ: اللَّهُمَّ، بَارِكْ
لِي فِي أَهْلِي، وَبَارِكْ لَهُمْ فِيَّ، اللَّهُمَّ ارْزُقْنِي مِنْهُمْ، وَارْزُقْهُمْ
مِنِّي، اللَّهُمَّ اجْمَعْ بَيْنَنَا مَا جَمَعْتَ إِلَى خَيْرٍ، وَفَرِّقْ
بَيْنَنَا إِذَا فَرَّقْتَ إِلَى خَيْرٍ" (صحيح، أخرجه
ابن أبي شيبة في "المصنف" (ج 7 ورقة 50) وصححه الشيخ الألباني في آدب
الزفاف (1/94)).
Artinya:
Dari Abu Sa’id Maula Abi Usaid berkata: Sesungguhnya
sebagian Sahabat Nabi berkata kepadaku: “Jika istrimu telah masuk (/menemui)
kepadamu (untuk berjima’) maka lakukanlah sholat –berjama’ah- dua roka’at
bersama istrimu, kemudian (setelah selesai sholat) mohonlah kepada Allah
tentang kebaikan yang datang kepadamu dan mohonlah perlindungan kepada Allah
dari segala kejelekannya.” (Shahih, Atsar Riwayat Ibnu
Abi Syaibah dalam Mushonnafnya (7/50) di nilai shohih oleh Syeikh
Al-Albani dalam Adabuz-Zifaf (1/94).
Ibnu Mas’ud juga berkata: “Jika istrimu telah
masuk (/menemui) kepadamu (untuk berjima’) maka perintahkan ia untuk sholat
–berjama’ah- dua roka’at di belakangmu, dan (setelah itu) berdo’alah: Allahumma
barikli fi Ahli (dan seterusnya)....” (Shahih, Atsar Riwayat
Ibnu Abi Syaibah dalam Mushonnafnya (6/191), di nilai shohih oleh Syeikh
Al-Albani dalam Adabuz-Zifaf (1/94)).
5.
SHOLAT SUNNAH AYAT
(Sholat Sunnah Setelah Selamat Dari Bencana Besar)
Bencana Besar, Seperti: Gempa Bumi, Angin Topan, Gunung Meletus, dll.
عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْحَارِثِ، «أَنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ صَلَّى بِهِمْ فِي
زَلْزَلَةٍ كَانَتْ أَرْبَعَ سَجَدَاتٍ فِيهَا سِتُّ رُكُوعَاتٍ». )رواه
ابن أبي شيبة في «المصنف» ((2/ 472) بسند صحيح) عَنْ
عَائِشَةَ، قَالَتْ: «صَلَاةُ الْآيَاتِ سِتُّ ركوعَاتٍ فِي أَرْبَعِ سَجَدَاتٍ». رواه ابن أبي شيبة في «المصنف» (2/ 472)) شرح: "ستة ركوعات في ركعتين" (شرح بلوغ
المرام (9/107) لعطية بن محمد سالم).
Artinya:
Dari
Abdullah bin Al-Harits : “Sesungguhnya Ibnu Abbas sholat berjama’ah
bersama mereka (manusia) pada saat pasca gempa bumi, beliau sholat sebanyak 4
kali sujud, dan 6 kali ruku’ (pada sholat dua roka’at). (Shahih,
Atsar Riwayat Ibnu Abi Syaibah dalam Mushonnaf (2/472), di nilai shohih oleh
Sumair bin Amin Az-Zuhri).
Dari
Aisyah Radhiyallahu Anha berkata: Sholatul Ayat adalah 6 kali ruku’ dan 4 kali sujud. (Shahih,
Atsar Riwayat Ibnu Abi Syaibah (2/472)).
Di jelaskan dalam Kitab Syarah: enam
kali Ruku’ dalam sholat dua Roka’at.” (Lihat: Syarah Bulughul Marom
(9/107))
Setelah Sholat, lalu
diadakan Khutbah singkat:
وَقَدْ
زُلْزِلَتِ الْأَرْضُ فِي عَهْدِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ فَمَا عَلِمْنَاهُ
صَلَّى وَقَدْ قَامَ خَطِيبًا، فَحَضَّ عَلَى الصَّدَقَةِ، وَأَمَرَ بِالتَّوْبَةِ وفي رواية: أن المدينة
زلزلت على عهد عمر بن الخطاب مرات، فقال عمر: "يَا
أَيُّهَا النَّاسُ، مَا أَسْرَعَ مَا أَحْدَثْتُمْ، لَئِنْ عَادَتْ لَأَخْرُجَنَّ مِنْ بَيْنِ أَظْهُرِكُمْ. وفي رواية: أن الكوفة
رجفت على عهد ابن مسعود فقال: يا أيها الناس، إن ربكم يستعتبكم فأعتبوه. (أخرجه ابن كثير في تفسيره (5/91))
Artinya:
“Sungguh telah terjadi
Gempa Bumi di masa Umar bin Khottob, kami tidak mengetahui beliau sholat, hanya
saja beliau berdiri dan berkhutbah, beliau memotivasi kami untuk gemar bersedekah
dan menyuruh untuk bertaubat.” (Atsar Riwayat Al-Baihaqi dalam Ma’rifatus
Sunan Wal Atsar (5/156))
Dalam riwayat lain: Pernah di Madinah terjadi Gempa Bumi pada Masa Kholifah
Umar bin Khottob berkali-kali, Umar berseru: “(Wahai manusia) Dosa
Apa yang kalian perbuat...!!, Demi Allah, jika gempa terulangi lagi, saya akan
berbuat untuk meninggalkan kalian..!. (Disebutkan oleh Ibnu Katsir
dalam Tafsirnya (5/91))
Dalam riwayat lain: Sesungguhnya Kufah pernah terjadi Gempa pada Masa Ibnu
Mas’ud berseru: Wahai Manusia,, Sesungguhnya Robb kalian meminta kalian
untuk kembali Ta’at kepadanya, maka kembalilah kepada-Nya. (Disebutkan
oleh Ibnu Katsir dalam Tafsirnya (5/91))
HIKMAH DARI SHOLAT DAN KHUTBAH SEPERTI INI,
agar Manusia Kembali Ta’at Kepada Allah, dan Semakin Takut Kepada
Allah:
قال
تعالى: (وَما نُرْسِلُ بِالْآياتِ إِلَّا تَخْوِيفاً( -سورة الإسراء: 59- معنى هذه
الآية: قال الإمام الزحيلي في تفسيره: "ولا
نبعث بالآيات إلا تخويفا للناس من نزول العذاب العاجل لعلهم يعتبرون ويذكرون
ويرجعون، فإن لم يخافوا وقع عليهم".
(التفسير المنير للزحيلي (15/110)).
Artinya:
Firman Allah yang artinya: “(Tidaklah Kami
mengirim Tanda-Tanda (Kekuasaan) kecuali untuk menakut-nakuti) Makna
Ayat ini adalah :
Sebagaimana Kata Imam
Az-Zuhaili dalam Tafsirnya: “Tidaklah kami mengirim Tanda-Tanda (kekuasaan)
kecuali untuk menakut-nakuti manusia, Tanda-tanda kekuasaan tersebut
diantaranya Turunnya Adzab yang disegerakan -di dunia-(yaitu: Bencana
besar) Tujuannya Agar manusia mengambil pelajaran (Ibroh), Agar manusia ingat
kepada Allah, Agar manusia kembali untuk ta’at kepada Allah. Akan tertapi Jika
manusia tidak merasa takut lagi, maka bencana besar akan terjadi lagi.” (Lihat: Tafsirul Munir (15/110))
6.
SHOLAT TARAWIH + WITIR (DI BULAN ROMADHON)
عَنْ
أَبِي ذَرٍّ قَالَ: قال النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حينما بقي خمس
من رَمَضَانَ : «مَنْ قَامَ مَعَ الْإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ
قِيَامُ لَيْلَتِهِ» (صحيح، اخرجه ابن
ماجة (1327) صححه الشيخ الألباني).
Artinya:
Dari
Abu Dzar berkata: Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam pernah bersabda –di saat
bulan Ramadhan masih tersisa lima hari (atau tanggal sekitar 25 Ramadhan)-: “Barangsiapa
yang shalat Qiyamu Romadhon bersama imam (ya’ni: dengan berjama’ah)
sampai selesai, maka ia di tulis baginya seperti sholat malam semalam suntuk.” (Shahih,
HR Ibnu Majah (1327) di nilai shahih oleh Imam As-Son’ani, Syeikh
Al-Albani, Syeikh Al-Arna’ut, dll).
7.
SHOLAT SUNNAH GHO’IB
Yaitu:
Mensholati jenazah yang Gho’ib, yang mana ia telah meninggal (yang terkubur)
namun belum di sholati”. Seperti
Meninggal di Negeri Kafir sehingga tidak disholatkan, Tertimbun Tanah
Longsor / Terkena Sunami dan Tidak Bisa di Temukan lagi, Menghilang
Karena Tenggelam di Lautan, Atau karena terbakar habis hingga menjadi debu,
dll.
-
Imam
Muhammad bin Ibrohim At-Tuwaijiri Rahimahullah berkata:
فالسنة أن يصلي عليه طائفة من المسلمين صلاة الغائب
بإمام وجماعة، ومثله الغريق والمحترق.
Terjemahannya:
“Disunnahkan
untuk melakukan sholat gho’ib untuk orang meninggal secara go’ib (tidak nampak dihadapannya), menyolatinya
dengan adanya imam dan makmum (ya’ni: berjama’ah), jenazah yang gho’ib ini
seperti jenazah yang hilang karena tenggelam, atau karena terbakar
habis. (Lihat: Mausu’ah Fiqhul Islami (2/763))
-
Imam
Khottobi Rohimahullah berkata: Di syari’atkan Untuk mengerjakan
sholat Gho’ib, jika ada seorang muslim yang telah meninggal, namun belum di
sholatkan. Hal ini juga Sebagimana pendapat Ulama’ Jumhur (mayoritas
Ulama’), kecuali Malikiyah dan Hanafiyah. Syeikhul Islam Ibnu Thaimiyyah juga
memilih pendapat Ulama’ Jumhur ini. (Lihat: Bustanul Akhbar Mukhtashor Nailul
Author (1/499)).
-
Sholat
Gho’ib ini hukumnya Anjuran (Sunnah), Adapun Sholat Jenazah hukumnya Wajib
Kifayah.
Contoh: Sholat Sunnah Gho’ib Untuk Orang Yang Meninggal Karena
Tenggelam, dan Jasadnya Tidak Bisa Di Temukan Lagi:
Keterangan Para Ulama’:
وَإِذَا وُجِدَ الْغَرِيقُ فَإِنَّهُ يُغَسَّل وَيُكَفَّنُ
وَيُصَلَّى عَلَيْهِ كَأَيِّ مَيِّتٍ آخَرَ، وَإِذَا لَمْ يُعْثَرْ عَلَيْهِ
فَيُصَلَّى عَلَيْهِ صَلاَةُ الْغَائِبِ عِنْدَ الشَّافِعِيَّةِ وَالْحَنَابِلَةِ،
وَلاِشْتِرَاطِهِمْ لِصَلاَةِ الْجِنَازَةِ حُضُورَ الْمَيِّتِ أَوْ حُضُورَ
أَكْثَرِ بَدَنِهِ أَوْ نِصْفِهِ مَعَ رَأْسِهِ. (حاشية
ابن عابدين 1 / 577، 611، وحاشية الطحطاوي على مراقي الفلاح 319، وحاشية الدسوقي
1 / 415، 427، وشرح روض الطالب 1 / / 299،
315، 321، والمغني 2 / 513، 536)
Terjemahannya:
Apabila Ada Orang Yang Tenggelam dan ditemukan Jasadnya, maka Ia
di mandikan, di Kafani, dan Di Sholatkan (dengan Sholat Jenazah) segabaimana
Jenazah Yang Lain,
Dan Apabila jenazah tidak di temukan, maka ia bisa di sholatkan
dengan sholat Gho’ib, ini pendapat Ulama’ Syafi’iyyah dan Hanabilah,
Karena Syarat Sholat Jenazah Adalah: Mayat Harus Ada Dihadapannya Secara Utuh, Atau
Sebagian besar Jasadnya, Atau Separuhnya bersama Kepalanya. (Lihat: Hasyiyah Ibnu Abidin (1/577, 611), Hasyiyah
Thahtawi Ala Muroqil Falah (319), Hasyiyah Ad-Dasuqi (1/415,427), Syarah
Roudhotut Tholib (1/299), Al-Mughni Libni Qudamah (2/513, 536)).
Dalil Yang Menunjukkan Adanya Sholat Gho’ib:
عن ابن خارجة، قال: لما بلغ النبي صلى الله
عليه وسلم وفاة النجاشي، قال: «إن أخاكم قد توفي» فخرج فصففنا خلفه، فصلينا وما
نرى شيئا (رواه الطبراني في الكبير (5/218) صحيح).
حَدِيث أبي
هُرَيْرَة فِي صحيح مسلم: " أَن رَسُول الله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّم- نعى للنَّاس النَّجَاشِيّ فِي الْيَوْم الَّذِي مَاتَ فِيهِ فَخرج إِلَى
الْمصلى وَكبر أَربع تَكْبِيرَات "وَعند مُسلم عَن عمرَان بن حُصَيْن قَالَ:
قَالَ رَسُول الله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم-: " إِن أَخا لكم
مَاتَ فَقومُوا فصلوا عَلَيْهِ يَعْنِي النَّجَاشِيّ " (صحيح، رواه مسلم (2/657))
Artinya:
Dari
Ibnu Khorijah berkata: Ketika sampai berita kepada Nabi tentang Wafatnya
Raja Najasyi, maka Nabi bersabda: Sesungguhnya Saudara kalian telah wafat,
maka beliau keluar, lalu kami bershof-shof di belakang beliau, maka kami sholat
padahal kami tidak meliahat Sesuatu. (artinya: Gho’ib, tidak ada jenazah
di hadapannya). (Shahih, HR Thabrani dalam Mu’jam Al-Kabir (5/218))
Dari Abu Hurairah berkata: “bahwa Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam memanggil kaum muslimin untuk menunaikan (shalat
ghaib) untuk raja Najasyi, pada hari wafatnya. Maka beliau pun keluar menuju
mushalla (tanah lapang) bersama mereka dan bertakbir sebanyak empat kali
takbir. (Shahih, HR Muslim (2/656)).
Dari Imran bin Hushain ia berkata; Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya saudara kalian
(raja Najasyi) telah meninggal, karena itu berdirilah kalian (untuk shalat
ghaib) atasnya." (Shahih, HR Muslim (2/657)).
Raja Najasyi telah masuk
islam dan meninggal di Negeri Nasrani (Habasyah), Sehingga Nabi menyolatinya dengan
sholat gho’ib di Madinah bersama para Sahabat.
8.
SHOLAT SUNNAH I’ADAH (I’ADATUS
SHOLAH FIL-JAMA’AH)
[Artinya: Mengulangi Sholat Dengan
Berjama’ah]
Bagi
Yang Telah Mengerjakan Sholat Wajib di Rumah (Dengan Alasan: Mengira
Sholat Jama’ah Telah Selesai, Atau Sholat di Masjid Selalu di Akhirkan, dll Sehingga
ia Sholat Wajib di Rumah), Lalu jika ia Mendatangi Masjid, Maka
ia di Anjurkan Untuk Mengerjakan Sholat Lagi dengan Berjama’ah Bersama Imam (dengan niat
sholat sunnah).
Dalil Pertama:
وَعَن جَابِرُ
بْنُ يَزِيدَ بْنِ الْأَسْوَدِ الْعَامِرِيُّ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ: شَهِدْتُ مَعَ
رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةَ الْفَجْرِ فِي مَسْجِدِ
الْخَيْفِ، فَلَمَّا قَضَى صَلَاتَهُ إِذَا هُوَ بِرَجُلَيْنِ فِي آخِرِ الْقَوْمِ
لَمْ يُصَلِّيَا مَعَهُ قَالَ: «عَلَيَّ بِهِمَا». فَأُتِيَ بِهِمَا تَرْعَدُ
فَرَائِصُهُمَا فَقَالَ: «مَا مَنَعَكُمَا أَنْ تُصَلِّيَا مَعَنَا؟» قَالَا: يَا
رَسُولَ اللَّهِ إِنَّا قَدْ صَلَّيْنَا فِي رِحَالِنَا. قَالَ: «فَلَا تَفْعَلَا،
إِذَا صَلَّيْتُمَا فِي رِحَالِكُمَا، ثُمَّ أَتَيْتُمَا مَسْجِدَ جَمَاعَةٍ
فَصَلِّيَا مَعَهُمْ، فَإِنَّهَا لَكُمَا نَافِلَةٌ». (صحيح، أخرجه النسائي (2/112)، صححه الشيخ
الألباني).
Artinya:
Dari Jabir bin Yazid bin Al Aswad Al 'Amiri dari
bapaknya, dia berkata; "Aku ikut shalat Subuh berjamaah di
masjid Al Khaif bersama Rasulullah Shallallahu'alihiwasallam dan setelah
selesai shalat tiba-tiba ada dua orang di barisan paling belakang tidak ikut
shalat bersama beliau Shallallahu 'alihi wasallam.
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam lalu
bersabda: "Bawa dua orang tersebut kepadaku". Kedua orang tersebut
kemudian segera dibawa kepada beliau dalam keadaan gemetar sendi-sendinya, lantas
beliau bersabda: "Apakah yang menghalangi kalian berdua untuk shalat
bersama kami?' Keduanya menjawab, 'Wahai Rasulullah
Shallallahu'alihiwasallam kami telah shalat di rumah kami'.
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam berkata: "Jangan
kamu lakukan hal itu (meninggalkan shalat berjamaah). Jika kalian berdua telah
shalat di rumah kalian, kemudian kalian datang ke masjid yang sedang shalat
berjamaah, maka shalatlah bersama mereka, karena bagi kalian hal itu adalah Nafilah
/ Sunnah." (Shahih,
HR Nasa’i dalam Sunannya (2/112), di nilai Shohih oleh Syeikh Al-Albani).
Dalil
Kedua:
عَنْ
أَبِي ذَرٍّ، قَالَ: قَالَ لي رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَضَرَبَ فَخِذِي: «كَيْفَ أَنْتَ
إِذَا بَقِيتَ فِي قَوْمٍ يُؤَخِّرُونَ الصَّلَاةَ عَنْ وَقْتِهَا؟» قَالَ: قَالَ:
مَا تَأْمُرُ؟ قَالَ: «صَلِّ الصَّلَاةَ لِوَقْتِهَا، ثُمَّ اذْهَبْ لِحَاجَتِكَ،
فَإِنْ أُقِيمَتِ الصَّلَاةُ وَأَنْتَ فِي الْمَسْجِدِ فَصَلِّ مَعَهُمْ (وفي رواية: وَاجْعَلُوا صَلَاتَكُمْ مَعَهُمْ نَافِلَةً).
(صحيح، اخرجه مسلم في صحيحه (1/448))
Artinya:
Dari Abu Dzar dia berkata; Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam bersabda -sambil menepuk pahanya- "Bagaimana
jika engkau masih hidup ditengah suatu kaum yang suka menunda-nunda shalat dari
waktunya?" Abu Dzar justeru bertanya; "Menurut engkau,
apa yang engkau perintahkan kepada kami?"
Beliau menjawab; "Tunaikanlah shalat
tepat pada waktunya, kemudian tunaikan keperluanmu, jika shalat diiqamati
sedang kamu berada di masjid, maka shalat bersama mereka. (Dalam riwayat lain: jadikanlah sholat
kalian bersama mereka sebagai nafilah (sholat sunnah))." (Shahih,
HR Muslim (1/448). Thayalisi (1/362)).
9.
Sholat Sunnah ‘SHODAQOH’ (Dengan Menjadi Imam Sholat)
عَنْ أَبِي
سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، أَنَّ رَجُلًا دَخَلَ الْمَسْجِدَ وَقَدْ صَلَّى رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِأَصْحَابِهِ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنْ يَتَصَدَّقُ عَلَى هَذَا فَيُصَلِّيَ
مَعَهُ؟» . فَقَامَ رَجُلٌ مِنَ الْقَوْمِ فَصَلَّى مَعَهُ (صحيح، أخرجه أحمد (7/18)، صححه الشيخ الألباني
والشيخ الأرناؤوط).
Artinya:
Dari Abu Sa'id Al Khudri berkata; "Seorang
laki-laki masuk ke dalam masjid sedang Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
dan para sahabatnya telah melakukan shalat, maka Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam pun bersabda: "Barangsiapa ingin bersedekah kepada
orang ini hendaklah ia shalat bersamanya, " lalu berdirilah seorang
laki-laki dan shalat bersamanya. (Shahih, HR Ahmad (7/18), di nilai shohih oleh Syeikh
Al-Albani, Al-Arna’ut, dll)
عن جَابِرُ
بْنُ عَبْدِ اللَّهِ , أَنَّ مُعَاذًا «كَانَ يُصَلِّي مَعَ رَسُولِ اللَّهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْعِشَاءَ , ثُمَّ يَنْصَرِفُ إِلَى قَوْمِهِ
فَيُصَلِّي لَهُمْ تِلْكَ الصَّلَاةَ, هِيَ لَهُ نَافِلَةٌ وَلَهُمْ فَرِيضَةٌ»
(صحيح، رواه ابن حبان والدارقطني وغيره. صححه الشيخ الألباني).
Artinya:
Dari
Jabir bin Abdullah berkata: “Sesungguhnya Mu’adz bin Jabal sholat isya’ berjama’ah
bersama Rosulullah, lalu pulang ke kaumnya dan sholat mengimami mereka dengan
sholat tersebut (yaitu sholat isya’), untuk mu’adz sholat sunnah, untuk kaumnya
sholat wajib.” (Shahih, HR Ibnu Hibban (6/163), Daruqutni (2/14),
di nilai shohih oleh Syeikh Al-Albani, Al-Arna’ut, dll)
Maroji’:
Ma’rifatus Sunan Wal Atsar Karya Imam Al-Baihaqi
Syarah
Bulughul Marom Karya Imam Athiyah bin
Muhammad Salim
Adabuz
Zifaf Fis Sunnah Al-Muthohharoh Karya
Syeikh Al-Albani
Penulis:
Ustd. Lilik
Ibadurrohman, S.Th.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar