Do’a-Do’a dari Nabi Setelah Salam (Dalam Sholat Wajib),
(Do’a
ini Bisa dipanjatkan Meski Tanpa Mengangkat Tangan):
1. Do’a Pertama:
عن ثَوْبَانُ: إِنَّ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " كَانَ إِذَا انْصَرَفَ مِنْ
صَلَاتِهِ اسْتَغْفَرَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، ثُمَّ يَقُولُ: «اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ
يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ»
أخرجه مسلم.
Artinya:
Dari Tsauban Radhiyallahu Anhu
berkata; "Jika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam selesai
mengerjakan shalat, beliau meminta ampunan kepada Allah (istighfar) tiga
kali dan mengucapkan doa: (Ya Allah, Engkaulah Dzat yang
memberi keselamatan, dan dari-Mulah segala keselamatan, Maha Besar Engkau
-wahai Dzat Pemilik kebesaran dan kemuliaan."). (Shahih, HR
Muslim).
2. Do’a Ke-dua:
عن معاوية،
يقول: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول إذا انصرف من الصلاة: " "اللهم لا مانع لما أعطيت، ولا معطي لما منعت، ولا ينفع ذا الجد
منك الجد" (صحيح، أخرجه أحمد
(28/100) وصححه الشيخ الألباني).
Artinya:
Dari Mu’awiyah berkata: Saya mendengar
Rasulullah ketika selesai mengerjakan sholat beliau menguacapkan do’a: Ya Allah,
tiada yang bisa menghalangi apa yang Engkau berikan dan tiada yang bisa memberi
apa yang Engkau halangi. Tidaklah bermanfaat kekayaan dan harta benda bagi
pemiliknya, dari-Mu lah segala kekayaan." (HR Ahmad, di nilai shahih oleh Syeikh
Al-Albani (Silisilah A. As-shohihah: 2524).
3. Do’a Ke-tiga:
عَنْ
عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ رضي الله عنهه قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِذَا فَرَغَ مِنْ الصَّلَاةِ وَسَلَّمَ قَالَ
(وفي رواية: فإِذَا سَلَّمَ مِنَ الصَّلَاةِ قال) : "اللَّهُمَّ
اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ
وَمَا أَسْرَفْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي أَنْتَ الْمُقَدَّمُ وَأَنْتَ
الْمُؤَخِّرُ لَا إِلَهَ إِلَّا أنت" (أخرجه أبو داود (1/201)، وابن
حبان (5/372)، صححه الألباني). (انظر: صحيح ابي داود (1352)). وفي رواية
ابن حبان: كان رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ آخِرِ مَا
يَقُولُ بَيْنَ التَّشَهُّدِ وَالتَّسْلِيمِ: "اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَا
قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ....... إلى أخره.
Artinya:
Apabila selesai mengerjakan shalat dan salam beliau membaca do’a: "Ya
Allah, ampunilah dosa dosaku yang terdahulu maupun yang akan datang, yang
aku sembunyikan ataupun yang aku tampakkan, yang aku lakukan secara berlebihan, dan
dosa dosa yang Engkau lebih mengetahuinya dariku, Engkaulah yang paling awal
dan paling terakhir, tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau." (Shohih, HR Ibnu Hibban (5/372) dan Ahmad
(764), di nilai shohih Syeikh Al-Albani (Lihat: Shahih Abu Dawud (1352) Dalam
riwayat lain: Nabi juga memanjatkan do’a ini setelah tasyahhud dan sebelum
salam. (HR Ibnu Hibban, di nilai shahih oleh Syeikh Al-Albani dalam
“Ta’liqotul Hisan” (3/398)).
4. Do’a Ke-Empat:
عن البراء
بن عازب -رضي الله عنه- : قال: «كُنَّا إذا صَلَّينا خَلفَ رسولِ الله -صلى الله عليه وسلم- أَحْبَبْنَا أنْ نَكُونَ عن يَمينِهِ،
يُقْبِلُ علينا بوَجهِهِ، قال: فَسَمِعْتُهُ حِينَ انْصَرَفَ يَقُولُ: رَبِّ قِني عَذابَكَ يَومَ تَبعَثُ عِبَادَكَ أو تَجْمَعُ عبادَك».
(أخرجه مسلم في
صحيحه (1/492) والروياني في مسنده (1/210)).
Artinya:
Dari Al-Barro’ bin Azib Radhiyallahu Anhu berkata:
"Jika kami shalat di belakang
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, maka kami menyukai jika kami berada di
sebelah kanan beliau, sehingga beliau menghadap kami dengan wajahnya (saat
salam)." Al-Barra` mengatakan; "Aku mendengar beliau mengucapkan doa
setelah selesai sholat: “Wahai Robbku, jagalah diriku dari siksa-Mu ketika Engkau
bangkitkan atau ketika Engkau kumpulkan hamba-hamba-Mu (di akhirat
nanti)." (Shahih, HR Muslim
dalam Shahihnya (1/492), dan Ar-Ruyani dalam Musnadnya (1/210), Lafadz milik
imam Ar-Ruyani).
5. Do’a Ke-Lima:
عَنْ أَبِي أَيُّوبَ رضي الله
عنه أَنَّهُ قَالَ: مَا صَلَّيْتُ وَرَاءَ نَبِيِّكُمْ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ إِلَّا سَمِعْتُهُ حِينَ يَنْصَرِفُ مِنْ صَلَاتِهِ يَقُولُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي
خَطَايَايَ وَذُنُوبِي كُلَّهَا اللَّهُمَّ ابْعَثْنِي وَأَحْيِنِي وَارْزُقْنِي
وَاهْدِنِي لِصَالِحِ الْأَعْمَالِ وَالْأَخْلَاقِ إِنَّهُ لَا يَهْدِي
لِصَالِحِهَا وَلَا يَصْرِفُ سَيِّئَهَا إِلَّا أنت.
(أخرجه الحاكم في المستدرك (3/522). ورواه الطبراني في «الأوسط» (4442). وقال الهيثمي
(10/ 111) : وإسناده جيد. وحسنه الشيخ الألباني في "صحيح الجامع"
(1/271).
Artinya:
Dari Abu Ayub Al-Anshori Radhiyallahu Anhu berkata:
“Tidaklah saya sholat dibelakang Nabi kecuali saya mendengar do’a yang di
baca setelah selesai sholat, beliau berdo’a: Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku
seluruhnya, Ya Allah, bangkitkan (semangat) ku, berilah aku (kebahagiaan)
hidup, berilah aku rizki, tunjukkanlah aku untuk memperbaikai amal dan Akhlaq
yang baik, dan tidak ada yang
dapat menunjuki amal dan akhlak yang terbaik melainkan Engkau. Dan
tidak ada yang dapat menjauhkanku dari akhlak
yang tercela melainkan Engkau.” (HR
Al-Hakim dalam Mustadrok (3/522), Thabrani dalam Mu’jam Al-Ausat, di nilai hasan
oleh Imam Al-Haitsami dan Syeikh Al-Albani (Lihat: Shohihul Jami’Karya Syeikh
Al-Albani: 1/271)).
6. Do’a Ke-Enam:
عن صهيب : أنَ النَّبِيَّ
-صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا انْصَرَفَ مِنَ الصلاةِ قَالَ: "اللَهُمَّ أصْلِحْ لِي دِيني الَّذِي جَعَلْتَهُ عِصْمَةَ
أمْرِي، وَأَصْلحْ لِي دُنْيَايَ الَّتِي جَعَلْتَ فِيهَا مَعَاشِي. اللَّهُمَّ
إِنِّي أعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ، وَبعَفْوكَ مِنْ نِقْمَتِكَ، وَأعُوذُ
بِكَ مِنْكَ. اللَّهُمَّ لا مَانع لِمَا
أعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلا يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ
الْجَدُّ". (أخرجه ابن حبان (5/374) وصححه ابن حبان وابن خزيمة "745" وحسنه
الحافظ ابن حجر في "نتائج الأفكار" ص 136، وحسين سليم أسد في تحقيق
موارد الظمآن (2/260))
Artinya:
Dari Suhaib Radhiyallahu Anhu berkata:
Sesungguhnya Nabi apabila selesai mengerjakan sholat shalat, beliau memanjatkan
do’a: 'Ya Allah, perbaikilah bagiku agamaku yang Engkau telah
menjadikannya bagiku sebagai pelindung, dan perbaikilah duniaku yang Engkau
telah menjadikannya sebagai tempat hidupku. Ya Allah aku berlindung dengan
keridlaan-Mu dari kemurkaan-Mu, aku berlindung dengan ampunan-Mu dari siksa-Mu,
aku berlindung kepada-Mu dari (siksa) -Mu. Ya Allah, tiada yang bisa
menghalangi apa yang Engkau berikan dan tiada yang bisa memberi apa yang Engkau
halangi. Tidaklah bermanfaat kekayaan dan harta benda bagi pemiliknya, dari-Mu
lah segala kekayaan." (HR Ibnu Hibban (5/374), dll. di nilai Shohih oleh Ibnu
Hibban dan Ibnu Khuzaimah, dan di nilai hasan oleh Ibnu Hajar
Al-Asqolani dalam Nata’ijul Afkar (3/73), dan juga di nilai hasan oleh
Syeikh Husein Sulaim Asad dalam “Tahqiq Mawaridudz-Dzom’an” (2/260)).
7. Do’a Ke-Tujuh:
عن زاذان - رحمه الله -: قال: قال رجلٌ من
الأنصار: سَمِعتُ رسولَ اللهِ - صلى الله عليه وسلم- يقول في دُبُرِ الصلاةِ:
«اللَّهمَّ اغْفِر لي وتُب عليَّ، إنَّكَ أنتَ التواب الغَفُورُ،
مائةَ مَرَّةٍ» . (أخرجه ابن أبي شيبة (6/34) وصححه الشيخ الألباني (انظر: سلسلة
الأحاديث الصحيحة (2603)) .
Artinya:
Dari Zadan Rahimahullah berkata: Salah seorang
sahabat dari kalangan Anshor berkata: “Saya pernah mendengar Rasulullah
Shallallahu Alaihi Wasallam berdo’a setelah selesai sholat: sebanyak
100 kali.” (artinya: Ya Allah, Ampunilah dosaku, dan terimalah taubatku,
sesungguhnya engkau maha penerima taubat lagi maha Pengampun). (Shahih,
HR Ibnu Abi Syaibah (6/34), di nilai shohih oleh Syeikh Al-Albani
(Silsilah Al-Ahadits Ash-Shohihah (2603)).
8. Do’a Ke-Delapan: (Khusus
Setelah Sholat Subuh)
عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ رضي الله عنه، أَنَّ
النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ إِذَا صَلَّى
الصُّبْحَ حِينَ يُسَلِّمُ: «اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ
عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا» (أخرجه ابن
ماجة (1/298)، وصححه الشيخ الألباني).
Artinya:
Dari Ummu Salamah Radhiyallahu Anha : Sesungguhnya
Nabi Shallallahu Aialihi Wasallam pernah berdo’a setelah salam pada sholat
subuh: Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepadamu ‘ilmu yang bermanfaat,
rizki yang baik (halal), dan amalan yang di terima.” (Shahih, HR
Ibnu Majah (1/298), di nilai shohih oleh Syeikh Al-Albani).
9. Do’a Ke-Sembilan: (Khusus
Setelah Sholat Subuh)
عَنْ صُهَيْبٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ أَيَّامَ خَيْبَرَ يُحَرِّكُ شَفَتَيْهِ
بِشَيْءٍ بَعْدَ صَلَاةِ الْفَجْرِ فَقِيلَ لَهُ يَا رَسُولَ اللَّهِ
إِنَّكَ تُحَرِّكُ شَفَتَيْكَ بِشَيْءٍ مَا كُنْتَ تَفْعَلُهُ فَمَا هَذَا الَّذِي
تَقُولُ قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَقُولُ: اللَّهُمَّ بِكَ أُحَاوِلُ وَبِكَ أُقَاتِلُ وبك أصاول" (أخرجه
ابن حبان (5/374)، صححه ابن حبان والشيخ الأرناؤوط).
Artinya:
Dari Suhaib Radhiyallahu Anhu berkata: Rasulullah
pada hari perang Khoibar, beliau selalu menggerak-gerakkan bibir beliau setelah
selesai sholat fajar (subuh) ‘dengan sebuah ucapan do’a, lalu
saat itu ada yang bertanya: anda tidak seperti biasanya melakukan hal
ini, Apa yang anda ucapkan ??!!, Lalu Nabi bersabda: Saya
saat itu sedang berdo’a : Ya Allah, kepada-Mulah kuserahkan segala daya dan upaya,
dengan (kekuatan-Mulah) kami berperang dan dengan-Mulah kami menyerang)”. (HR Ibnu
Hibban (5/374), Ahmad, dll. di nilai shohih oleh Ibnu Hibban, Syeikh
Al-Albani dan Syeikh Syu’aib Al-Arna’ut. (Lihat: Ta’liqotul Hisan (3/437),
As-Shohihah (1061))
Do’a Dari Para Sahabat:
10. Abu Musa
Al-Asy’ari
عَنْ أَبِي بُرْدَةَ، قَالَ:
كَانَ أَبُو مُوسَى الأشعري رضي الله عنه، إِذَا فَرَغَ مِنْ
صَلَاتِهِ قَالَ: «اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي،
وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي، وَبَارِكْ لِي فِي رِزْقِي» (أخرجه ابن أبي شيبة في مصنفه (1/264))
Artinya:
Dari Abu Burdah Rahimahullah berkata: “Dahulu
Abu Musa Radhiyallahu Anhu apabila selesai mengerjakan sholat, beliau
memanjatkan do’a: Ya Allah, ampunilah dosaku, permudahkanlah segala
urusanku, berkahilah rizkiku.” (Shahih, Atsar Riwayat Ibnu Abi Syaibah
dalam Mushonnafnya (1/264)).
11. Umar bin Khottob
عَنِ الرُّكَيْنِ بْنِ
الرَّبِيعِ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: كَانَ عُمَرُ –ابن الخطاب- إِذَا انْصَرَفَ
مِنْ صَلَاتِهِ، قَالَ: «اللَّهُمَّ أَسْتَغْفِرُكَ لِذَنْبِي،
وَأَسْتَهْدِيكَ لِأَرْشَدِ أَمْرِي، وَأَتُوبُ إِلَيْكَ فَتُبْ عَلَيَّ،
اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي فَاجْعَلْ رَغْبَتِي إِلَيْكَ، وَاجْعَلْ غِنَائِي فِي
صَدْرِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا رَزَقَتْنِي، وَتَقَبَّلْ مِنِّي، إِنَّكَ أَنْتَ
رَبِّي» (أخرجه ابن أبي شيبة في مصنفه (6/34)).
Artinya:
Dari Rukain bin Robi’, dari Bapaknya berkata: Dahulu
Umar bin Khottob apabila selesai mengerjakan sholat, beliau berdo’a: Ya Allah,
aku memohon ampunan kepada-Mu atas dosa-dosaku, aku memohon petunjuk-Mu untuk
menunjuki perkaraku, aku bertaubat kepada-Mu, maka terimalah taubatku, Ya Robb,
jadikanlah keinginanku untuk (kembali) kepada-Mu, jadikanlah kekayaan yang ada
pada hatiku, berikanlah keberkahan pada rizki yang engkau berikan kepadaku, dan
terimalah permohonanku, sesungguhnya engkau adalah Robbku.” (Hasan,
HR Ibnu Abi Syaibah dalam Mushonnafnya (6/34)).
Namun Kadang-Kadang
Boleh Berdo’a Untuk Diri Sendiri (Do’a Mutlak) Dengan
Mengangkat Tangan, Terutama Sa’at-Sa’at Genting / Hajah. Hukumnya Mubah (Tidak
Sunnah dan juga Tidak Wajib):
Hadits Pertama:
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بن مسعود رضي الله عنه،
قَالَ: مَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَعَا عَلَى
قُرَيْشٍ غَيْرَ يَوْمٍ وَاحِدٍ، فَإِنَّهُ كَانَ يُصَلِّي (وفي رواية: يصلي
عند الكعبة)، وَرَهْطٌ مِنْ قُرَيْشٍ جُلُوسٌ، وَسَلَى جَزُورٍ قَرِيبٌ مِنْهُ،
فَقَالُوا: مَنْ يَأْخُذُ هَذَا السَّلَى فَيُلْقِيَهُ عَلَى ظَهْرِهِ؟ قَالَ:
فَقَالَ عُقْبَةُ بْنُ أَبِي مُعَيْطٍ: أَنَا، فَأَخَذَهُ فَأَلْقَاهُ عَلَى
ظَهْرِهِ، فَلَمْ يَزَلْ سَاجِدًا، (وفي رواية: فَضَحِكُوا حَتَّى مَالَ
بَعْضُهُمْ عَلَى بَعْضٍ مِنَ الضَّحِكِ) حَتَّى جَاءَتْ فَاطِمَةُ رضي الله عنها،
فَأَخَذَتْهُ عَنْ ظَهْرِهِ، وفيه: أن فاطمة لما ألقته عنه أقبلت عليهم فسبتهم
وأنه صلى الله عليه وسلم لما فرغ من صلاته رفع يديه يدعو عليهم..... :
«اللَّهُمَّ عَلَيْكَ الْمَلَأَ مِنْ قُرَيْشٍ، اللَّهُمَّ عَلَيْكَ بِعُتْبَةَ
بْنِ رَبِيعَةَ، اللَّهُمَّ عَلَيْكَ بِشَيْبَةَ بْنِ رَبِيعَةَ، اللَّهُمَّ
عَلَيْكَ بِأَبِي جَهْلِ بْنِ هِشَامٍ، اللَّهُمَّ عَلَيْكَ بعُقْبَةَ بْنِ أَبِي
مُعَيْطٍ، اللَّهُمَّ عَلَيْكَ بِأُبَيِّ بْنِ خَلَفٍ، اللَّهُمَّ عَلَيْكَ َبأُمَيَّةَ
بْنِ خَلَفٍ» قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللَّهِ: "فَلَقَدْ رَأَيْتُهُمْ قُتِلُوا
يَوْمَ بَدْرٍ جَمِيعًا..." (انظر: "صحيح سيرة النبوية" للشيخ الألباني (1/146)).
Artinya:
Dari Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu Anhu berkata:
“Tidaklah aku melihat Rasulullah mendo’akan keburukan atas orang-orang
kafir quraisy kecuali pada hari itu, saat itu beliau mengerjakan sholat (dalam
riwayat lain: sholat disisi ka’bah) –hal ini ketika nabi masih di Makkah-, lalu
ada sekelompok orang kafir quraisy sedang duduk-duduk, dan keranjang tahi onta
ada di dekatnya, (Diantara) Mereka berkata kepada teman-temannya, Siapa yang
mau mengambil keranjang tahi onta ini lalu di tuangkan kepada punggungnya
muhammad !!, Lalu Uqbah bin Abi Mu’ith menjawab: Saya. Lalu
dituangkanlah diatas punggung Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam, dan Nabipun
masih tetap dalam keadaan bersujud dalam sholatnya. Lalu orang-orang kafir
quraisy menertawakan nabi dengan tertawa terbahak-bahak), Sehingga (saat itu)
datanglah Fatimah –Radhiyallahu Anha-, lalu menatatap mereka dan mencela
mereka, Tatkala Nabi selesai sholat,
beliau mengangkat kedua tangannya dan berdo’a: Ya Allah, berilah kebinasaan
Para pembesar Kafir Quraisy, Ya Allah, berilah kebinasaan untuk Utbah bin
Robi’ah, Ya Allah, berilah kebinasaan untuk Syaibah bin Rabi’ah, Ya Allah,
berilah kebinasaan untuk Abu Jahal bin Hisyam, Ya Allah, berilah kebinasaan
untuk Uqbah bin Abi Mu’ith, Ya Allah, berilah kebinasaan untuk Ubay bin Kholaf,
Ya Allah, berilah kebinasaan untuk Umayyah bin Kholaf . Abdullah bin Mas’ud
berkata: “Sungguh aku melihat mereka semua (para pembesar kafir Quraisy)
terbunuh dalam perang Badar.” (Disebutkan
oleh Ibnu Katsir dalam Siroh An-Nabawiyyah (1/468), dan telah diteliti keshohihannya
oleh Syeikh Al-Albani dalam kitab “Shohih Siroh An-Nabawiyyah (1/146)).
Hadits Kedua:
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى الْأَسْلَمِيِّ
قَالَ رَأَيْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ الزُّبَيْرِ وَرَأَى رَجُلًا رَافِعًا
يَدَيْهِ قَبْلَ أَنْ يَفْرُغَ مِنْ صَلَاتِهِ فَلَمَّا فَرَغَ مِنْهَا قَالَ: إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ
يَكُنْ يَرْفَعُ يَدَيْهِ حَتَّى يَفْرُغَ مِنْ صَلَاتِهِ. (أخرجه الطبراني في
الكبير (14/266)، والضياء المقدسي (14/266)، صححه الإمام الهيثمي في المجمع
الزوائد (10/169) والسيوطي في الفض الوعاء (14/266) والمباركفوري في "تحفة
الأحوذي" (2/171) وغيره).
Artinya:
Dari Muhammad bin Yahya Al-Aslami Radhiyallahu
Anhu berkata: “Saya melihat Abdullah bin Zubair dan melihat seseorang
yang mengangkat tangannya sebelum sholatnya selesai (maksudnya mengangkat
tangan sebelum salam), lalu Abdullah bin Zubair berkata kepada orang tersebut:
Sesungguhnya Rasulullah tidak mengangkat kedua tangannya kecuali jika telah
selesai mengerjakan sholat.” (HR Thobroni dalam Mu’jam Al-Kabir
(14/266), Dhiya’ Al-Maqdisi (14/266), di nilai shohih oleh Imam Al-Haitsami
dalam kitab Majma’ Zawa’id (10/169), di nilai shohih pula oleh imam As-Suyuti
dalam Fadh-dhul Wi’a’ (14/266) dan juga di nilai shohih oleh imam Al-Mubarokfuri
dalam Tuhfatul Ahwadzi (2/171), dll).
Berikut ini HADITS DO’IF BERKAITAN DENGAN DO’A
1.
Anjurkan
/ Sunnah untuk terus-menerus berdo’a dengan mengangkat Tangan (Ba’da sholat):
عَنْ أَنَسٍ
عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ مَا مِنْ عَبْدٍ
بَسَطَ كَفَّيْهِ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ ثُمَّ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِلَهِي
وَإِلَهَ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَإِلَهَ جِبْرِيلَ وَمِيكَائِيلَ
وَإِسْرَافِيلَ أَسْأَلُكَ أَنْ تَسْتَجِيبَ دَعْوَتِي فَإِنِّي مُضْطَرٌّ وَتَعْصِمَنِي
فِي دِينِي فَإِنِّي مُبْتَلًى وَتَنَالَنِي بِرَحْمَتِكَ فَإِنِّي مُذْنِبٌ
وَتَنْفِيَ عَنِّيَ الْفَقْرَ فَإِنِّي مُتَمَسْكِنٌ إِلَّا كَانَ حَقًّا عَلَى
اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ أَنْ لَا يَرُدَّ يَدَيْهِ خَائِبَتَيْنِ (أخرجه النسائي في عمل
اليوم والليلة (2/171)، وفيه: عَبْدُ
الْعَزِيزِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْقُرَشِيُّ وهو ضعيف، ضعفه أحمد والنسائي
والمباركفوري).
Artinya:
Dari Anas, Dari Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:
“Tidaklah seorang hamba menengadahkan kedua telapak tangannya di setiap
selesai sholat, lalu berdo’a dengan ucapan: Allahumma ilahi, wa ilaha Ibrohim,
wa Ishaq, wa Ya’qub, wa ilaha Jibro’il, wa Mika’il, Wa isrofil, As-Aluka
An-Tastajiba Da’wati, Fa Inni Mudzthor, wa Ta’shimni fi dini fa inni Mubtala,
wa Tanalani birohmatika fa’inni Mudznibun, wa tanfia Anni Al-Faqra, fa inni
Mutamaskinun.. maka Allah tidak akan mengembalikan tangannya dalam keadaan
hampa.” (Hadits Dho’if, HR Nasa’i dalam Amalul Yaum Wal Lailah
(2/171), di nilai dho’if oleh Imam Nasa’i, Ahmad, dan Imam Mubarokfuri
dalam Tuhfatul Ahwadzi (2/171)).
Dari sini do'a mengangkat tangan tidak di bolehkan terus menerus , karena haditsnya dho'if
Dari sini do'a mengangkat tangan tidak di bolehkan terus menerus , karena haditsnya dho'if
2. Anjuran Do’a Secara Berjama’ah Ba’da Sholat –Dengan
di pimpin oleh Imam :
عن حبيب بن مسلمة الفهري قال:
سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم: (لا يجتمع ملأ فيدعو بعضهم، ويؤمن سائرهم، إلا
أجابهم الله). (حديث ضعيف، أخرجه
الطبرَاني في " المعجم الكبير " (4 / 26 / 3536) وفي إسناده منقطع
(سلسلة الأحاديث الضعيفة: 5968)).
Artinya:
Dari Hubaib bin Maslamah berkata: Saya mendengar dari
Rasulullah bersabda: “Tidaklah berkumpul para pemuka muslim, lalu
sebagian berdo’a dan di aminkan oleh para kaum muslimin seluruhnya, maka Allah
akan mengabulkan do’a mereka semuanya.” (Hadits Dho’if, HR Thabrani
dalam Mu’jam Al-Kabir (4/26), di nilai dho’if oleh Syeikh Al-Albani, dll. (Silsilah Al-Ahadits Adh-Dho’ifah:
5968)).
Dari sini do'a denganberjama'ah tidak di syari'atkan, karena haditsnya dho'if
Dari sini do'a denganberjama'ah tidak di syari'atkan, karena haditsnya dho'if
3.
Setelah
Berdo’a, kemudian Mengusap Wajah (Dengan Kedua Telapak Tangan)
Hadits Ke 1
:
عَبْدُ اللَّهِ بْنُ
عَبَّاسٍ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «سَلُوا
اللَّهَ بِبُطُونِ أَكُفِّكُمْ، وَلَا تَسْأَلُوهُ بِظُهُورِهَا، فَإِذَا فَرَغْتُمْ فَامْسَحُوا بِهَا وُجُوهَكُمْ» (ضعيف، أخرجه أبو داود (1485)) ضعفه النووي في
خلاصة الأحكام (1/461) والشيخ الألباني في ضعيف
الجامع (3274) وفيه الراوي لم يُسم، ومن دونه مجهولان).
Artinya:
Dari Abu Bakroh Radhiyallahu Anhu:
Sesungguhnya Rasullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: “mintalah kepada Allah dengan menengadahkan telapak
tanganmu dan jangan meminta dengan belakang telapak tangan, lalu setelah
selesai do’a maka usapkanlah telapak tangan tersebut ke wajah kalian.” (HR Abu
Dawud (1485), di nilai dho’if oleh
Imam Nawawi dalam Khulashotul Ahkam (1461) dan Syeikh Al-Albani dalam
Shahihul Jami’ (3274).
Dari sini mengusap wajah setelah berdo'a tidak di syari'atkan, karena haditsnya dho'if
Dari sini mengusap wajah setelah berdo'a tidak di syari'atkan, karena haditsnya dho'if
Adapun Lafadz Yang Shohih:
وَعَنْ أَبِي بَكْرَةَ:
«أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - قَالَ: "
سَلُوا اللَّهَ بِبُطُونِ أَكُفِّكُمْ، وَلَا تَسَلُوهُ بِظُهُورِهَا» ".
رَوَاهُ الطَّبَرَانِيُّ، وقال الهيثمي في المجمع (10/169): وَرِجَالُهُ رِجَالُ
الصَّحِيحِ غَيْرَ عَمَّارِ بْنِ خَالِدٍ الْوَاسِطِيِّ، وَهُوَ ثِقَةٌ.
Artinya:
Dari Abu Bakroh Radhiyallahu Anhu:
Sesungguhnya Rasullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: “mintalah kepada Allah dengan menengadahkan telapak
tanganmu dan jangan meminta dengan belakang telapak tangan.” (HR
Thabrani, sebagaimana yang disebutkan oleh Imam Al-Haitsami dalam Majma’
Zawa’id (10/169), di nilai shahih oleh Imam Al-Haitsami, dan Juga Imam
As-Suyuti dalam Kitab FadhDhul Wi’a’ (1/87)).
Hadits Ke 2 :
عَنْ عُمَرَ بْنِ
الْخَطَّابِ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
إذَا رَفَعَ (وفي رواية: مد) يَدَيْهِ فِي الدُّعَاءِ لَمْ يحطمها (وفي رواية: لم
يردهما) حَتَّى يَمْسَحَ بِهِمَا وَجْهَهُ، (ضعيف جدا، أخرجه الترمذي (3383)، ضعفه
الترمذي و العراقي في تخريج الإحياء (1/362) والشيخ الألباني في “ضعيف
الجامع” (4412)).
Artinya:
Dari Umar bin Khottob berkata: Rasulullah
Shallallahu Alaihi Wasallam Apabila hendak mengangkat kedua tangannya ketika
berdo’a, beliau tidak mengembalikannya (menurunkannya) kecuali mengusap wajah
beliau terlebih dahulu:” (Dho’if Jiddan, HR Tirmidzi
(3383), di nilai dho’if oleh imam Tirmidzi, Al-Iroqi, Syeikh Al-Albani
(Dho’iful Jami’: 4412)).
Dari sini mengusap wajah setelah berdo'a tidak di syari'atkan, karena haditsnya sangat dho'if
Dari sini mengusap wajah setelah berdo'a tidak di syari'atkan, karena haditsnya sangat dho'if
Maroji’:
Tuhfatul Ahwadzi Karya Imam Al-Mubarokfuri,
Silsilah Al-Ahadits As-Shohihah Karya Syeikh Al-Albani
Fadh-Dhul Wi’a Karya Imam As-Suyuti, dll.
Penulis:
Ustadz Lilik Ibadrrohman, S.Th.I
Mohon copy atau print boleh as rujukan utk baca atau hafal?
BalasHapus